Abiansemal Lakukan Upacara Melasti di Segara Seseh

  • 04 Maret 2019
  • Dibaca: 67 Pengunjung
Abiansemal Lakukan Upacara Melasti di Segara Seseh
Minggu 3 Januari 2019 suasana ramai terlihat di Pura Desa Adat Abiansemal. Hal ini terjadi dikarenakan pagi itu krama desa Abiansemal melakukan upacara Melasti. Upacara Melasti akan dilakukan di pantai seseh dengan menggunakan akomodasi Truk dan beberapa mobil pribadi milik warga. Terlihat antrian panjang truk berjejeh di sekitaran pura menunggu para pemedek.
 
Melasti adalah meningkatkan Sraddha dan Bhakti pada para Dewata manifestasi Tuhan Yang Mahaesa untuk menghanyutkan penderitaan masyarakat, menghilangkan papa klesa dan mencegah kerusakan alam. Pada upacara Melasti, setiap rombongan warga desa akan datang dengan membawa perangkat-perangkat keramat peribadahan, yaitu arca, pratima, dan pralingga dari pura yang ada di wilayah masing-masing untuk disucikan.
 
Menurut Ni Luh Gita Setya Utami, upacara melasti ini rutin dilakukan setiap tahunnya untuk membersihkan diri serta pralina dan sesuhunan. Melasti ini juga selalu dilakukan di sumber-sumber air yang disucikan seperti misalnya segara (Laut).(024/KIMABS)
  • 04 Maret 2019
  • Dibaca: 67 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita