ADINDA Aktifitas Pokok Kelompok Informasi Masyarakat

  • 11 Oktober 2018
  • Dibaca: 79 Pengunjung
ADINDA Aktifitas Pokok Kelompok Informasi Masyarakat
Abiansemal (10/10/2018)
Bimbingan Teknis yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Dan Informasi kabupaten Badung kepada KIM sekabupaten Badung yan berlangsung selama dua hari memberikan gambaran sejauh mana aktifitas KIM itu. Banyak dari anggota KIM yang sebenarnya tidak mengetahui secara jelas aktifitas apa saja yang dilakukan oleh KIM itu sendiri, termasuk saya pribadi belum memahaminya. Berkat adanya BIMTEK  ini dipaparkan mengenai apa sebenarnya Aktifitas KIM itu.
 
Putu Sandika selaku perwakilan dari Dinas Informasi dan Komunikasi Provensi mencoba memaparkan mengenai aktifitas KIM itu. Atas dasar fungsi dan tujuan KIM yang memberikan informasi yang real kepada masyarakat dan mencegah berita yang belum jelas kebenarannya (hoax) masuk, jadi aktifitas KIM itu sendiri adalah ADINDA
“A” : Akses informasi yaitu melakukan aktifitas untuk mengakses informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun tidak langsung.
“D” :  Diskusi yaitu setelah mengakses informasi kemudian dilkukan diskusi, tukar menukar informasi, untuk mendapatkan informasi yang benar-benar real serta jika terdapat masalah dapat dipecahkan.
“I”   : Inplementasikan Informasi yaitu tahapan yang sebelumnya diputuskan akan menerapkan atau mendayagunakan pengetahuan atau informasi yang di peroleh.
“N”  : Networking disini memiliki pengertian hubungan antar KIM atau antara anggota setiap KIM secara teratur dalam rangka saling tukar menukar informasi.
“D”   : Diseminasi Informasi dimana dalam tahapan ini informasi yang diperoleh akan disaring dan apabila memang benar dalam pegolahannya serta yakin akan informasi tersebut, baru kemudian di Shared.
“A”   : Aspirasi kegiatan KIM tidak saja menyebarkan informasi tetapi juga menyerap aspirasi masyarakat.
 
Jika aktifitas KIM tersebut dilakukan secara keseluruhan maka berita hoax pun bisa ditangkal atau ditepis dengan membritakan kenyataannya, selain itu tujuan KIM dalam upaya memberikan informasikan ke masyarakat serta mengangkat potensi desa dapat dilaksanakan, imbuhnya (006/KIMABS)   
  • 11 Oktober 2018
  • Dibaca: 79 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita