Selain Memberitakan Potensi Desa, KIMABS Siap Lawan Berita Hoax

  • 14 September 2018
  • Dibaca: 152 Pengunjung
Selain Memberitakan Potensi Desa, KIMABS Siap Lawan Berita Hoax
Selain Memberitakan Potensi Desa, KIMABS Siap Lawan Berita Hoax
Abiansemal (14/08/2018)
Moto KIMABS yaitu selalu terdepan, terpercaya dan akurat terus menjadi landasan dalam setiap pemberitaannya. Apapun yang diinformasikan ke masyarakat harus berdasarkan fakta dan memiliki kredibelitas yang dapat dipertanggung jawabkan. Selain membuat dan menginformasikan suatu kejadian ke masyarakat, mengangkat potensi desa serta mengabarkan apapupn kegiatan yang dilakukan di wilayah desa Abiansemal. KIM juga bergerak dalam memeranggi berita – berita hoax yang beredar di tengah – tengah masyarakat.
 
Berita Hoax atau berita yang belum pasti kebenaran sering sekali menimbulkan steatment yang negatif dan bersifat meresahkan  masyarakat , yang dimana nantinya bila terus berkembang dapat memecah belah persatuan di masayarakat karena timbulnya mosi tidak percaya antar warga. Untuk itu sebagai garda terdepan memeranggi berita Hoax, KIMABS senantiasa berbuat cepat, lugas, dan tegas apabila ada berita hoax yang tersebar di masyarakat.
 
Seperti kasus yang terjadi kemarin 13 September 2018, terdapat isu atau berita di Sosmed yang bersifat memprovokasi. Ada selentingan kabar mempertanyakan kesigapan  pemerintah dalam hal ini aparatur desa dan kabupaten dalam  memberikan perhatian kepada masyarakat kurang mampu.  Mendengar adanya isu yang berkembang tersebut, maka KIMABS merapatkan barisan guna menelusuri kebenaran dari berita yang disebarkan tersebut.
 
Bertempat dikantor desa, KIMABS  mulai bergerak menuju salah satu rumah warga yang diberitakan tidak mendapat perhatian dalam pemberitaan sebelumnya. Setelah mendapat keterangan dari keluarga tersebut dan klarifikasi mengenai bantuan apa saja yang telah diterima oleh keluarga tersebut.  Maka KIM dapat mengambil kesimpulan bahwa berita yang menyatakan kalau pemerintah kurang sigap dalam memberikan bantuan kepada keluarga adalah berita hoax (belum jelas kebenarannya)
 
Ditemui di tempat yang sama Perbekel Desa Abiansemal Ida Bagus Bisma Wiratma S.H mengapresiasi kinerja KIMABS yang dapat dengan segera menampik isu-isu atau berita hoax semacam ini yang pastinya dapat meresahkan masyarakat. Walaupun disibukan dengan tugas personal masing-masing anggota, namun untuk menjaga kebenaran dan mengedepankan intregitas sebagai gardu terdepan dalam memeranggi berita hoax anggota KIM dengan iklas meninggalkan pekerjaan demi Desa Abiansemal,dan sudah sepatutnya kita berbangga memiliki KIM di Desa kita imbuhnya. (006/KIMABS)
Pesan dari Kelompok Informasi Masyarakat Desa Abiansemal kepada pengguna Sosmed.
“BIjaklah Bersosial media”      
  • 14 September 2018
  • Dibaca: 152 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita