Posyandu Balita dan Pemberian Vaksin MR. Banjar Purwakerta Abiansemal

  • 14 September 2018
  • Dibaca: 72 Pengunjung
Posyandu Balita dan Pemberian Vaksin MR. Banjar Purwakerta Abiansemal

Abiansemal, (14/09/2018)

Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan kelompok/herd immunity tidak terbentuk. Ketika seseorang terkena campak, 90% orang yang berinteraksi berat dengan penderita dapat tertular jika mereka belum kebal terhadap campak. Seseorang dapat kebal jika telah diimunisasi atau terinfeksi virus campak.

 

Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama. Infeksi rubella yang terjadi sebelum konsepsi dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubella kongenital (Congenital Rubella Syndrome/CRS) pada bayi yang dilahirkan.

 

Maka dari itu bertempat di Wantilan Desa Adat Gerih diadakan Vaksinsi yang diadakan oleh Dinas Kesehatan dan dibantu oleh pengurus Posyandu Banjar Purwakerta dilakukan di Wantilan karenaa balai banjar masih dalam proses pembangunan fisik. Dengan menyasar anak berusia usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun.

 

Menurut I Nyoman Adhidama, S.Sos selaku klian dianas Banjar Purwakerta, mengatakan, kegiatan kali ini merupakan Pos Yandu Balita yang rutin digelar dan Pemberian Imunisasi Mr untuk mencegah campak dan rubella, yang semua diberikan secara gratis. Ungkapanya (015/KIMABS)

  • 14 September 2018
  • Dibaca: 72 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita