Jejahitan Untuk Upacara Agama Siap Disajikan dengan Cepat dan Masih Segar

  • 12 September 2018
  • Dibaca: 120 Pengunjung
Jejahitan Untuk Upacara Agama Siap Disajikan dengan Cepat dan Masih Segar
Abiansemal, (11/09/2018)
 
Begitu banyak potensi di lingkungan desa Abiansemal khususnya di banjar Juwet, salah satunya adalah usaha pedagang canang yaitu Made Riani. Made Riani yaitu pembuat segala jenis jejahitan untuk upacara agama umat Hindu. pengusaha ini menjajakan canang nya dari rumah saja belum mempunyai toko. sehari-harinya jejahitan ini di kirim ke warung-warung dan jika ada pemesanan langsung di buatkan dan di kirimkan ke rumah pemesan jejahitan tersebut. dalam sehari Made Riani bisa memproduksi sampai 500 buah canang slepan, tamas, ceper dan segala jenis jejahitan. Bahan berasal dari janur dan daun yang masih segar.
 
Menurut Made Riani selaku pemilik usaha jejahitan tersebut saat ditemui di rumah atau tempat pembuatan mengatakan, "usaha ini sudah saya jalankan selama kira-kira setahun dan biasanya setiap harinya pasti ada saja yang memesan dan saya selalu siapkan pesanan pelanggan secepatnya, dengan banyaknya usaha pedagang dan pembuat jejahitan ini saya lebih meningkatkan dalam kepuasan pelanggan dengan menyiapkan pesanan sesegera mungkin setelah dipesan dan selalu diantarkan ke rumah pelanggan secepatnya agar pelanggan merasa puas dan senang memesan kepada saya". Ungkapnya.
 
Menurut I Putu Eka Adnyana selaku Klian Dinas banjar Juwet Abiansemal mengatakan, "begitu banyak potensi yang bisa menghasilkan rupiah salah satunya adalah usaha pembuatan canang tersebut, sebagian besar masyarakat pasti menggunakan canang untuk mebanten sehari-harinya, dan karena terhalang kesibukan atau pekerjaan yang padat sehingga membuat masyarakat tidak punya waktu untuk membuatnya, dan disinilah peran pedagang canang untuk mengais rejeki dan meringankan beban masyarakat". Jelasnya.
(010/KIMABS)
  • 12 September 2018
  • Dibaca: 120 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita