Cara Cerdas Mengikapi Cuaca Panas

  • 13 Desember 2019
  • Dibaca: 178 Pengunjung
Cara Cerdas Mengikapi Cuaca Panas
Abiansemal, 11 Desember 2019
 
Belakangan ini cuaca panas yang ekstrem melanda beberapa wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menginformasikan bahwa sejumlah wiyalah Indonesia akan dilanda cuaca panas dan terik dalam beberapa waktu. Penyebab utamanya adalah karena posisi matahari tepat berada di wilayah khatulistiwa. Ketiadaan awan juga membuat terik matahari seolah langsung berada di atas kepala. Berdasar pantauan kondisi tersebut terjadi di pulau Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.
Penyebab cuaca terik ini terjadi adalah faktor aliran massa udara dingin dan kering, yang bergerak dari Australia menuju wilayah Indonesia sebelah selatan khatulistiwa. Terutama di sekitar Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Kondisi ini ditandai dengan adanya kelembaban udara yang lebih dari 60 persen di ketinggian 3.000 meter dan 5.000 meter dari permukaan.
Selain membuat gerah, suhu panas juga mengakibatkan tubuh rawan dehidrasi. Sebab beraktivitas dalam suhu panas membuat cairan tubuh berkurang banyak. Diperlukan penggantian asupan cairan yang hilang agar seseorang tidak alami dehidrasi atau kekurangan cairan.
 
1. Perbanyak Minum Air Putih
Salah satu dampak yang ditimbulkan dari cuaca panas adalah tubuh menjadi kehilangan banyak cairan sehingga mengalami dehidrasi.
Oleh sebab itu saat cuaca sedang panas-panasnya, pastikan asupan cairan ke dalam tubuh Anda tetap terjaga sehingga antara cairan yang masuk dan keluar dari tubuh tetap seimbang.
2. Makan Buah-Buahan
Mengonsumsi buah-buahan—terutama buah yang banyak mengandung air seperti melon, semangka, dan jeruk—saat cuaca sedang panas memiliki manfaat yang sama dengan minum banyak air putih yakni menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Hal ini juga menjadi contoh penerapan pola hidup sehat saat cuaca panas yang sangat baik.
3.Gunakan Pakaian yang Mudah Menyerap Keringat
Mengenakan pakaian yang berbahan tipis dan berwarna terang akan membantu menyerap keringat lebih cepat dan tidak menyerap panas. Dengan begitu, tubuh akan tetap terasa dingin.
 
Panas yg hevat dapat mempengaruhi otak dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu kita harus cerdas menghadapi cuaca panas agar kesehatan tidak terganggu. (024-KIMABS)
Sumber :
https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg?Prov=02&NamaProv=Bali
https://www.google.co.id/amp/s/metro.tempo.co/amp/1264344/hadapi-cuaca-panas-dinkes-dki-sampaikan-6-imbauan-buat-warga
https://merahputih.com/post/amp/hadapi-cuaca-panas-yang-ekstrem-dengan-tepat
https://www.vice.com/amp/id_id/article/vb5q5m/hadapi-cuaca-panas-yang-sedang-menerjang-indonesia
  • 13 Desember 2019
  • Dibaca: 178 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel