Arti Dan Makna Logo Sumpah Pemuda

  • 28 Oktober 2019
  • Dibaca: 25 Pengunjung
Arti Dan Makna Logo Sumpah Pemuda
Abiansemal (28/10/2019)
Logo hari sumpah pemuda 2019 jika dilihat secara seksama menyerupai sebuah monument yang di atasnya terdapat jempol tangan ok yang membentuk angka 91 dan tiga goresan warna merah,hijau, biru dan kuning serta tulisan "SUMPAH PEMUDA" dan tagline "BERSATU KITA MAJU" berwarna merah di bawah monument. Terlihat sangat simpel dan elegant. Berikut makna dan filosofinya;
 
1. Monumen
Pemuda adalah agent of change yang momennya selalu terabadikan karena keberanian dan pemikirannya yang kritis. Sumpah pemuda pada 27-28 Oktober 1928 telah menginspirasi bangsa ini untuk merdeka 17 tahun kemudian. Walau peristiwa sumpah pemuda jauh dari tahun kemerdekaan setidaknya peristiwa itu telah menjadi monumen persatuan bangsa.
2. Kepalan tangan jempol
Jempol tangan biasanya digunakan untuk mengapresiasi atau memuji suatu yang baik. Tindakan yang dlakukan oleh para pemuda selalu menuju arah yang positif dan penuh kebaikan dengan penuh semangat terdepan.
3. Angka 91 
Hari sumpah pemuda yang ke-91 sejak dikumandangan pada tahun 1928. Ini artinya sudah kurang 9 tahun lagi HSP akan menginjak satu abad. Patut ditunggu kiprah pemuda jaman milenial ini.
4. Warna merah, hijau, biru dan kuning
Bermakan keberagaman latar belakang pemuda dan kewajiban untuk menjunjung tinggi persatuan dengan tidak memandang perbedaan itu.
5. SUMPAH PEMUDA "BERSATU KITA MAJU"
berwarna putih dan background merah menandakan keberanian dan didasarkan atas kesucian dalam membuat dasar sebuah monument, pondasi yang didirikan atas dasar persatuan karena kita satu nusa, satu bangsa dan satu Bahasa Indonesia.
 
Sumber:
Surat edaran Menpora Hari Sumpah Pemuda HSP Petunjuk Pelaksanaan Pedoman 2019 (006/KIMABS)
 
  • 28 Oktober 2019
  • Dibaca: 25 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel