Makna dari Gelang Tri Datu

  • 20 Februari 2019
  • Dibaca: 257 Pengunjung
Makna dari Gelang Tri Datu
Abiansemal (19/02/2019),
 
    Agama Hindu di Bali memiliki banyak simbul dalam menjalankan agamanya. misalnya ada ritual yang membuat orang Hindu Bali menggunakan gelang benang Tri Datu. Namun benang merah, hitam dan putih ini bak menjadi trend fashion, Karena tak hanya orang Bali, atau orang hindu. Namun non hindu juga nyaman menggunakan gelang Tri Datu.
 
   Tri Datu yang memiliki tiga wrna yakni merah, putih dan hitam ini menjadi lambang tiga kekuatan. Yakni Dewa Brahma dengan aksara suci Ang, memiliki urip 9 dengan sakti Dewi Saraswati, disimbolkan dengan warna merah.Dewa Wisnu dengan aksara suci Ung, memiliki urip 4 dengan sakti Dewi Sri, dengan simbol warna hitam. Dan Dewa Siwa dengan aksara suci Mang, memiliki urip 8 dengan sakti Dewi Durga, disimbolkan dengan warna putih.
 
  Karena memiliki makna yang mendalam tersebut, gelang tri datu khas Bali pun kerap dikenakan oleh masyarakat Bali ketika mengadakan upacara keagamaan. Bahkan, saat ini, hampir semua upacara keagamaan di Bali disertai dengan pemakaian gelang tri datu oleh para penganutnya. Apalagi, bagi masyarakat Bali, gelang ini merupakan manifestasi dari Ida Sang Hyang Widhi. dan warisan leluhur yang harus dijaga dan di lestarikan. (025/KIMABS)
 
 
https://baliexpress.jawapos.com/read/2017/11/19/27782/ini-makna-tujuan-dan-cara-penggunaan-benang-tri-datu
 
https://www.kintamani.id/gelang-tri-datu-khas-bali-bukan-sekadar-aksesoris-ada-makna-penting-di-dalamnya-005962.html
  • 20 Februari 2019
  • Dibaca: 257 Pengunjung

Artikel Lainnya

Cari Artikel